Sebelum digunakannya container, cargo yang dikirim dengan menggunakan kapal dimuat satu persatu, disusun, diikat dan ketika diturunkan dari kapal ini juga dilakukan satu persatu. Ini membutuhkan waktu yang lama, biaya yang lebih besar dan tingginya kemungkinan rusak atau hilang. Sekarang hampir 90 persen cargo dikirim dengan menggunakan container. Ini secara radikal merubah praktek pengiriman kargo.
Cargo yang dikirim dengan container akan menghemat 84% waktu dan 35% biaya. Container itu sendiri memiliki dua ukuran yang berbeda.TEU yaitu singkatan dari "twenty foot equivalent unit". Panjangnya 20 feet sedangkan ukuran yang lain panjang dua kali lebih panjang (40 feet). Tinggi dan lebarnya sama.
Proses adaptasi kepenggunaan cotainer memakan waktu cukup lama, berhubung container membutuhkan infrastruktur yang berbeda, ukuran truk dan kereta api juga turut mengalami perubahan. Pelabuhan untuk bongkar muat harus di rancang ulang untuk membantu efisiensi proses bongkar muat cargo. Kapal untuk mengangkut container harus khusus dibuat. Dengan semakin meningkatnya volume perdagangan, ukuran kapal container ini semakin besar. Ini alasan mengapa kapal seperti TRIUMPH dibuat. Ada lima kapal sejenis TRIUMPH sedang dalam proses pembuatan.
TRIUMPH yang dibuat di galangan kapal milik Samsung Heavy Industries adalah kapal container yang terbesar di dunia (pada sa'at ini). Panjang kapal ini adalah 400 meter (sepanjang 4 lapangan bola), dengan lebar 58.8 meter. Pemilik kapal ini adalah Mitsui Lines yang akan menggunakan kapal ini untuk membawa cargo dari China ke Eropa dan sebaliknya. Dibutuhkan waktu sekitar 15 bulan untuk membuat kapal ini. Kapal ini memiliki kecepatan maksimum 24 knot. Biasanya kapal berlayar dibawah kecepatan maksimal (sekitar 22 knot) untuk menghemat bahan bakar.
Industri galangan kapal dimana kapal container atau supertanker ini dibuat, didominasi oleh perusahan Korea (Hyundai, Samsung dll.) dan Jepang (Mitsubishi, Sumitomo dll). China juga memiliki galangan kapal yang mampu dan sudah membuat kapal kapal ukuran besar ini.
Proses bongkar muat kapal container memerlukan peralatan khusus. Gambar diatas adalah "crane" yang digunakan untuk memindahkan container dari truk yang membawa kontainer ke atas kapal. Alat yang sama digunakan untuk mengangkat container dari atas kapal dan kemudian dipindahkan keatas truk. Pelabuhan di Singapura memiliki reputasi sebagai salah satu satu pelabuhan yang paling efisien di dunia dimana hanya dibutuhkan waktu kurang dari 3 menit untuk proses "load" atau "unload" per container. Tergantung dari ukuran kapal, seperti kapal diatas menggunakan 6 crane, bahkan lebih supaya proses bongkar muat itu dapat berlangsung seefisien mungkin. Untuk ini dibutuhkan operator yang terlatih dan berpengalaman disamping peralatan yang mendukung disamping kordinasi anatara berbagai pihak seperti supir truk ddll. Container yang sudah dimuat dia atas kapal kemudian d "ikat" (lashing) untuk mengurangi resiko terlepas (dalam kondisi laut yang kurang bersahabat).
FAKTA FAKTA MENARIK MENGENAI KONTAINER
PELABUHAN SHANGHAI |
PELABUHAN DUBAI |
FAKTA FAKTA MENARIK MENGENAI KONTAINER
- Sebagian besar container (97%) dibuat di China.
- Pelabuhan yang paling sibuk adalah Shanghai. Tahun 2013 menangani 33 juta container.
- Sekurang kurangnya 10 ribu container per tahun jatuh kelaut/hilang. Sebagian besar tenggelam ke dasar laut. Ada container yang pada tahun 1992 hanyut ke Alaska membawa mainan anak anak yang membuat container itu tetap mengapung apung.
- Pada sa'at ini ada sekitar 55 ribu kapal container yang beroperasi.
- Jumlah container yang ada sekitar 600 juta (pada tahun 2010).
- Setengah dari container dilengkapi dengan alat pendingin (reefer)
- 33% awak kapal container adalah orang Philippina.
- Sekitar 20 juta container sedang dalam pelayaran/diatas kapal.
- Modern container ditemukan oleh Malcolm McLean pada tahun 1956.
Kami dari PT. TWIN Logistics Ingin menawarkan penawaran kerjasama dalam pengurusan barang Import-Export dengan sistem RESMI & BORONGAN.
ReplyDeleteService Kami,
Import-Export Service
Customs Clearance Service
Pengiriman Door to Door Service
Penyewaan Bendera Perusahaan (Under-Name)
Pengiriman Domestic Keseluruh Wilayah Indonesia
Best Regards,
Mr. Andi JM
Hp Whatssapp : 0819-0806-0678 / 0813-8186-4189
DOOR TO DOOR SERVICES
NEGARA ASAL-JAKARTA
SINGAPORE To JAKARTA by Air & Sea Freight LCL & FCL
MALAYSIA To JAKARTA by Air & Sea Freight LCL & FCL
SHENZEN To JAKARTA by Air & Sea Freight LCL & FCL
YIWU To JAKARTA by Air & Sea Freight LCL & FCL
GUANGZHOU To JAKARTA by Air & Sea Freight LCL & FCL
SHANGHAI To JAKARTA by Air & Sea Freight LCL & FCL
HONGKONG To JAKARTA by Air & Sea Freight LCL & FCL
KOREA To JAKARTA by Air & Sea Freight LCL & FCL
TAIWAN To JAKARTA by Air & Sea Freight LCL & FCL
BANGKOK To JAKARTA by Air & Sea Freight LCL & FCL
AMERIKA ( U.S.A) To JAKARTA by Air & Sea Freight LCL & FCL
ARGENTINA To JAKARTA by Air & Sea Freight LCL & FCL
AUSTRALIA To JAKARTA by Air & Sea Freight LCL & FCL
ALJAZAIR To JAKARTA by Air & Sea Freight LCL & FCL
AFRIKA SELATAN To JAKARTA by Air & Sea Freight LCL & FCL
AUSTRIA To JAKARTA by Air & Sea Freight LCL & FCL
ALBANIA To JAKARTA by Air & Sea Freight LCL & FCL
BRUNAI DARUSALAM To JAKARTA by Air & Sea Freight LCL & FCL
BULGARIA To JAKARTA by Air & Sea Freight LCL & FCL
BOLIVIA To JAKARTA by Air & Sea Freight LCL & FCL
BOSNIA To JAKARTA by Air & Sea Freight LCL & FCL
BANGLADESH To JAKARTA by Air & Sea Freight LCL & FCL
BELANDA BELGIA To JAKARTA by Air & Sea Freight LCL & FCL
BRAZIL To JAKARTA by Air & Sea Freight LCL & FCL
BELORUSIA To JAKARTA by Air & Sea Freight LCL & FCL
CHILLI To JAKARTA by Air & Sea Freight LCL & FCL
CEKOSLOWAKIA To JAKARTA by Air & Sea Freight LCL & FCL
CROASIA To JAKARTA by Air & Sea Freight LCL & FCL
Best Regards,
Mr. Andi JM
Hp Whatssapp : 0819-0806-0678 / 0813-8186-4189