Wednesday, May 3, 2017

,

PELAUT TERHEBAT SEPANJANG SEJARAH





Image result for ancient polynesian sailing craft images


Coba kita lihat peta Samudera Pasifik yang merupakan Samudera terluas di dunia. Pulau pulau kecil yang tersebar di Samudera ini jaraknya jauh dari satu pulau ke pulau lain. sebagian hanya puluhan mil, tetapi ada juga pulau pulau terpencil yang jaraknya ribuan mil  dari pulau terdekat. Bagaimana manusia bisa berada di pulau pulau  tersebut. Satu2nya cara untuk mencapai pulau pulau tersebut adalah melalui jalan laut. Tanpa memiliki keahlian dan pengalaman yang dibutuhkan, tidak mungkin manusia berani mempertaruhkan nyawanya untuk menyeberangi lautan luas dengan segala resikonya.
Selama beribu ribu tahun orang Polynesia melayari samudera Pasifik yang luas. Bagaimana mereka bisa menemukan pulau pulau yang terletak ratusan bahkan ribuan mil dari satu pulau ke pulau merupakan bukti keahlian mereka sebagai pelaut. Ilmu navigasi yang mereka kuasai jauh melewati pelaut2 dari belahan bumi lainnya. 

Pelaut dari benua Eropa tidak memiliki keahlian navigasi untuk melakukan pelayaran jarak jauh sehingga abad ke 15. Itupun karena mereka terpaksa, berhubung kota yang mereka gunakan sebagai temoat transit perdagangan mereka dengan Asia yaitu Istanbul (Constantinople) berhasil dikuasai Turki pada tahun 1453 sehingga memaksa mereka mencari cara lain untuk ke Asia. 

Satu2nya pilihan mereka ialah melewati jalan laut. Selain harus memiiliki kapal kapal yang layak digunakan untuk pelayaran itu, mereka juga memerlukan manusia yang memiliki keahlian navigasi untuk mebawa mereka ke tempat tujuan mereka dengan selamat.

Sementara itu pelaut2 Polynesia dengan hanya menggunakan dengan alat2 yang sangat sederhana mampu mengarungi lautan luas dengan ketepatan yang sangat luar biasa. Pengetahuan yang mereka miliki ini diteruskan dari generasi ke generasi berikutnya melewati tradisi lisan (kadang2 mereka menggunakan lagu2). Walaupun tradisi menggunakan cara2 tradisional ini hampir punah, ilmu navigasi yang sudah berusia ribuan tahun ini masih dipraktikkan disejumlah tempat seperti pulau Taumako do Kepulauan Salomon. 

Pengetahuan ilmu navigasi mereka banyak menmanfaatkan fenomena2 alam yang ada di sekeliling mereka seperti mengawasi selasa teliti arah angin, gelombang, awan, arus laut, cuaca dan tanda2 alam lainnya. Mereka  juga  menggunakan pergerakan burung2 sebagai bagian dari ilmu navigasi mereka. Disamping itu mereka juga menggunakan bintang2 untuk membantu mereka menemukan pulau2 tujuan mereka.

Ribuan tahun yang lalu nenek moyang kita berlayar dari indonesia ke Timur dan kemudian melanjutkan pelayaran mereka Pasifik dan menemukan Fiji, Kepulauan Marquesas, Hawaii sampai ke Pulau Paskah (Easter) dan Selandia Baru. Ketika pelaut pelaut Eropa pertama mengunjungi pulau2 di Pasifik mereka keheranan melihat pelaut2 setempat berlayar kemana mana tanpa menggunakan alat2 sama sekali.

Image result for pacific ocean maps

Captain James Cook adalah pelaut Inggeris terkenal yang sangat berpengalaman. Dia merupakan orang Eropa yang menjelajahi Pasifik. Dia dianggap oleh orang Eropa sebagai orang yang menemukan Australia dan Seelandia Baru (kedua tempat ini sebenarnya sudah didiami penduduk asli) Ketika dia berlayar di Pasifik dia menggunakan jasa seorang navigator yang bernama Tupaia dari salah pulau Ra’iatea, Polynesia untuk membantu dia menjelajahi pulau2 yang ada di Lautan Pasifik.  

......akan bersambung
Publisher: sam fadlil - May 03, 2017

Tuesday, May 2, 2017

, ,

DEWA RUCI

Image result for bima images



Salah satu cerita dari Mahabrata yang nengambil tempat di lautan adalah cerita Dewa Ruci. 

Keluarga Pandawa mempunyai seorang guru yang bernama Resi Durna. Selain menjadi guru Pandawa dia  juga guru bagi keluarga dari kerajaan Astina. Kedua kerajaan yang bermusuh ini sedang dalam persiapan untuk maju ke medan perang yang dikenal dengan Baratayudha. Resi Durna selalu berpihak ke Astina dan selalu mencari jalan supaya Astina untuk menang dalam perang yang mendatang ini.

Walaupun keluarga Pandawa menyadari ini, mereka masih merasa hormat atas guru mereka ini. Salah satu siasat yang digunakan oleh Resi Durna adalah memerintahkan Bima untu untuk mencari air kehidupan yang dikenal dengan tirta perwita.  Ini hanyalah salah satu cara supaya Bima tidak dapat ikut berperang nantinya. Seebagai seorang murid yang patuh, Bima menuruti segala perintah gurunya.

Pertama dia pergi ke kawah Candramuka dimana tinggal dua raksasa yang bernama Rukmuka dan Rukmakala. Ketika Bima tidak menemukan tirta perwita disitu dia mengobrak abrik Candramuka sehingga membangunkan kedua raksasa itu. Terjadi pertarungan hebat antara dua raksasa dan Bima yang berakhir dengan kekalahan kedua raksasa tadi.

Setelah mengalahkan kedua raksasa tadi, Bima yang tidak juga menemukan tirta perwita tadi, bersandar di sebatang pohon beringin.  Tiba2 dia mendengarkan suara yang ternyata suara Batara Indra mengatakan kepada Bima bahwa kedua raksasa yang dibunuh oleh Bima adalah mereka yang dihukum oleh batara Guru. Dan dia mengatakan bahwa disitu tidak ada tirta perwita dan dia disuruh untu kembali ke Astina.

Setelah kembali ke Astina dia menhadap gurunya Resi Durna yang menyatakan bahwa dia dimsuruh ke Candramuka hanyya untuk sebagai ujian saja. Kemudian Resi Durna memerintahkan Bima untu ke laut Selatan untuk mencari tirta perwita tadi.  Bima segera berangkat walaupun dia sudah diperingati oleh keluarganya baha itu hanya akal bulus Reis Durna untuk mencelakai Bima. namun Bima tetap teguh untuk menjalankan perintah guru yang sangat dihormatinya. Dia mempunyai keyakinan kuat bahwa segala yang dibuatnya adalah darma (pengabdian) yang sudah diatur.

Ketika sampai ditepi pantai timbul keraguan diiringi ketakutan akan apa yang dilakukannya. Bima memiliki kesaktian yang disebut dengan Jalasegara yang didapatkannya dari Batara Bayu, dimana dia mampu memasuki laut dan hidup dibawah air. Tidak lama kemudiandia terlibat pertarungan dengan seekor naga raksasa yang hampir membunuhnya sebelum akhirnya berhasil membunuh naga tadi dengan kuku Pancanakanya.

Bima kemudian bertemu dengan seorang dewa yang tubuhnya hanya sebesar telapak tangan yang bernama Dewa Ruci. Dewa Ruci memerintahkan Bima untuk masuk kebadannya melalui telinga kirinya yang kedengarannya seperti suatu hal yang mustahil. Tetapi kettika Bima masuk melewati telinga kiri Dewa Ruci, dia menemukan suatu dunia yang maha luas. Kemudian Dewa Ruci mengatakan bahwa air kehidupan itu tidak ada di mana mana kecuali di diri manusia itu sendiri.

Didepan Bima kelihatan empat warna yaitu merah, utih, kuning dan hitam. Dewa Ruci berkata, "Yang pertama kau lihat cahaya, menyala tidak tahu namanya, itu Pancamaya yang sesungguhnya ada dihatimu, itu yang memimpin dirimu, maksudnya hati. itu disbut muka sifat yang menuntun kepada sifat lebih. Itu merupakan hakikat sifat itu sendiri. Lekas pulang dan jangan berjalan. Selidikilah rupa itu dan jangan ragu, untuk hai tinggal, mata hati itulah., menandai pada hakikatmu, sedangkan yang merah, hitam, kuning dan putih itu adalah penghalang hati.

Yang hitam kerjanya hanya mara, murka yang hanya akan menutupi perbuatan baik. Yang merah menunjukkan nafsu yang baik. Segala keinginan keluar dari situ, panas hati, mennutupi hati yang sadar kepada kewaspadaan.

Yang kuning hanya suka merusak sedangkan yang putih berarti nyata, hati yang tenang suci tanpa berpikiran itu, perwira dalam kedamaian. Sehingga hitam, kuning dan merah adalah penghalang pikiran dan kehendak yang abadi, persatuan Sukma Mulia.








Publisher: sam fadlil - May 02, 2017

Monday, May 1, 2017

, ,

IBNU BATTUTA



Image result for ibn battuta



Ibnu Battuta yang hidup diantara tahun 1304 sampai tahun 1368 adalah pengembara yang paling hebat disepanjang sejarah. Titik. Tidak ada pengembara sebelum dan sesudahnya yang menempuh jarak yang sejauh, seberat apa yang dialaminya dan memakan waktu selama yang telah dilakukannya.  Perjalanan yang dilakukannya membuat perjalanan Marco Polo seperti seuatu perjalanan tamasya (tanpa maksud merendahkan).

Bukti2 dari perjalanannya sudah terbukti dan diakui, bahkan dari para ilmuwan dari negara2 yang selama ini sering tidak menghargai atau mengakui prestasi dari mereka yang bergama Islam. Banyak buku2 yang sudah diterbitkan, baik dalam bahasa Indonesia maupun dalam bahasa Inggeris (justru lebih banyak yang diterbitkan dalam bahasa Inggeris).

Pada umur 21 tahun dia meninggalkan kampung halamannya awalnya untuk melakukan ibadah Haji. Perjalanan pada zaman itu biasanya memakan waktu sekitar 16 bulan. Dia tidak melihat tanah kelahirannya (Maroko) lagi sampai dua puluh empat tahun kemudian. Dalam waktu 24 tahun itu perjalanan yang ditempuhnya membawa dia sejauh negara Cina setelah. Setelah menyelesaikan ibahad Haji dia melanjutkan perjalanannya ke Irak. Dari Irak dia melanjutkan perjalanannya ke Iran dan seterusnya dan seterusnya. Seperti terlihat dari peta, dia juga melewati wilayah yang sekarang dikenal sebagai Indonesia. 

Pada tahun 1345 dia mengunjungi kesultanan Pasai yang terletak di Aceh. Pada waktu itu kesultanan Pasai merupakan wilayah yang menganut Islam paling Timur. Dari Aceh dia melanjutkan pelayarannya ke Melaka, Vietnam sebelum akhirnya dia sampai ke Cina yang pada waktu itu dikuasai oleh penguasa Mongol. Pelayaran yang dilakukannya dari Pasai ke Cina menggunakan perahu/kapal milik Sultan Pasai. 

Catatan : Akan sangat menarik kalau kita memiliki jenis atau bentu kapal yang digunakan dan teknik navigasi yang digunakan. 


Image result for ibn battuta

Melihat dari peta perjalanan diatas pembaca dapat membayangkan tantangan yang dihadapinya. Perjalanan yang dilakukannya , baik di darat maupun di laut penuh dengan bahaya yang sulit dibayangkan bagi kita yang hidup dizaman modern. Ruangan di blog ini terlalu sempit untuk menceritakan sejarah perjalanannya. 


Bagi pembaca yang mungkin mendapat iformasi mengenai cerita perjalanannya dianjurkan untuk membaca buku2 yang ditulis mengenai dia (dia sendiri menulis buku tentang pengembaraannya). Cara yang termudah dan termurah untuk mengetahui cerita tentang dia adalah melalui informasi yang tersedia di Internet. Sebagian ditulis didalam bahasa Inggeris, tetapi ada juga dalam bahasa Indonesia.
........bersambung


Publisher: sam fadlil - May 01, 2017

Sunday, April 30, 2017

,

TITANIC

Sebenarnya banyak kapal kapal penumpang yang jauh lebih besar atau kapal penumpang yang teggelam dengan korban jiwa yang lebih banyak, tetapi dengan berbagai alasan kapal Titanic jauh lebih dikenal masyarakat dibandingkan kapal kapal lain yang pernah ada. Sampai sekarang perhatian masyarakat tentang kapal Titanic tidak hilang2 . Terutama dengan adanya film dan buku2 yang masih ditulis mengenai kapal ini.


Image result for Titanic images


Kapal yang dibuat di Belfast, Ireland pada tahun 1911 ini memiliki panjangsekitar 270 meter dan lebar 28 meter. Memiliki 9 deck dan memiliki kecepatan maksimum 24 knot/ 44 kilometer per jam.  Kapasitas penumpang 2435 penumpang dan membawa 892 awak kapal. Pada saat diluncurkan kapal ini adalah kapal penumpang terbesar di dunia. Arsitek yang merancang kapal ini ikut tenggelam dalam kecelkaan ini.

Dalam pelayaran perdana dari Southampton ke New York kapal ini menabrak gunung es pada subuh hari tanggal 15 April, 1912. Dari 2224 penumpang dan awak kapal lebih dari 1500 meninggal dunia. Membuat tenggelamnya kapal Titanic ini sebagai salah satu kecelakaan terbesar dilaut.

Selain membawa penumpang2 yang terdiri dari orang kaya dan selebritis pada waktu itu, kapal itu juga membawa ratusan orang miskin yang menjadi penumpang di kelas yang termurah (steerage class. Mereka adalah orang2 yang pindah ke Amerika menjadi imigran (peran yang di mainkan oleh Leonardo di Caprio didalam film).

Pada waktu iti Titanic dianggap sebagai kapal yang termodern yang selain memiliki fasilitas termewah, juga dilengkapi dengan sistem keamanan (safety) yang membuat perusahan yang memiliki Titanic (White Star) mengatakan bahwa Titanic adalah kapal yang tidak bisa tenggelam. Mungkin oleh sebab itu Titanic tidak dilengkapi dengan sekoci penyelamat yang cukup untuk seluruh penumpang dan awak kapal. Ini keputusan yang sangat fatal. 

Titanic hanya memiliki 20 sekoci yang hanya cukup untuk membawa penumpang sebanyak 1178 orang. Ini menyebabkan ketika kapal itu tenggelam banyak penumpang dan awak kapal akhirnya ikut tenggelam dengan kapal. Salah satu keputusan mengapa jumlah sekoci itu sangat terbatas dalah mereka menganggap sekoci ini tidak akan pernah digunakan. selain itu sekoci juga banyak memakan tempat.

Titanic menabrak gunung es pada jam 11.40 malam di Utara Atlantik (600 kilometer dari Newfoundland, Kanada). Tabrakan ini menyebabkan lambung kanan kapal robek dan lima dari ruangan yang kedap air bocor. Sekiranya hanya 4 yang bocor, kemungkinan Titanic bisa diselamatkan. Pada jam 2.20 kapal akhirnya tenggelam.

Bangkai kapal Titanic ditemukan pada tahun 1992 didasar laut pada kedalaman 3784 meter.



..........bersambung




Image result for titanic images





Publisher: sam fadlil - April 30, 2017
, ,

Buku : MENGEJAR PELANGI DI BALIK GELOMBANG





Ini adalah buku yang saya tulis pada tahun 2004 . Baru2 ini buku  ini dicetak ulang. Buku ini menceritakan tentang pelayaran saya pada tahun 1992 dari New York kembali ke Indonesia setelah tinggal di New York selama puluhan tahun. 

Pelayaran yang sebagiannya saya lakukan seorang diri. Selebihnya saya lakukan berdua berhubung saya kesulitan dana ketika perahu layar harus menjalani perbaikan berat di Colon, Panama setelah menjalani pelayaran dari New York ke New York yang agak cukup berat.

Buku diawali dengan cerita masa kecil saya di Pulau Buluh. Pulau yang tidak jauh dari Batam  pada waktu itu hanya memiliki ratusan penduduk dikelilingi laut yang pada waktu itu masih lestari. Disitulah awal perjalanan saya dimana salah satu impian saya adalah mengarungi lautan dengan perahu layar. Yang akhirnya menjadi kenyataan sekitar 30 tahun kemudian.





Cerita ini menggambarkan kuatnya impian seorang anak kecil yang memungkinkan untuk berbuat sesuatu yang kelihatannya tidak mungkin dicapai.


Buku ini dapat dipesan langsung ke : 

Fazham Fadlil


WA 08136435 8889
samseas123@gmail.com

Harga Rp. 70.000/tambah ongkos kirim (Jabodetabek +Rp. 10.000)


Publisher: sam fadlil - April 30, 2017

Saturday, April 29, 2017

,

KAPAL KAPAL HANTU




Image result for Ghost ships image


Sebagian dari kita sering tertarik dengan cerita2 mengenai misteri, sensasi atau ....hantu, artikel ini akan mengulas sedikit mengenai beberapa kejadian yang dianggap sangat misterius yang terjadi dilaut dan mungkin melibatkan sedikit cerita tentang ..... hantu.


CERITA KAPAL LADY LOVIBOND


Ini adalah cerita kapal hantu yang muncul setiap 50 puluh tahun sekali. Pada tanggal 13 February 1748, sebuah kapal layar berna Lady Lovibond berlayar dari Inggeris menuju Oporto, Portugal. Kapten yang bernama Simon Peel baru saja menjalankan pernikahannya. Dalam pelayaran ini dia membawa istri barunya, Annetta dalam pelayaran bulan madu ini.


Anak buah kapal merayakan perkawinan yang dihadiri oleh seluruh awak kapal kecuali seorang anak buah kapal yang bernama John Rivers. Ternyata dia diam2 mencintai Annetta. Karena merasa sangat cemburu yang tidak tertahankan dia memutuskan untuk berbuat sesuatu. Dalam pelayaran ini mereka harus melewati wilayah perairan yang sangat berbahaya dimana banyak sekali kapal kapal mengalami kecelakaan dan kemudian teggelam dengan banyak korban jiwa. 


Ketika sedang melewati tempat ini John Rivers dengan paksa mengambil alih kemudi kapal dari juru mudi dan kemudian membunuhnya. Mayatnya dilempar kelaut. Kemudian dengan sengaja dia mengarahkan kapal layar ini ketempat yang sangat berbahaya sehingga kapal ini hancur dan tenggelam. Seluruh awak kapal termasuk Kapten dan istrinya.


Sejak kejadian itu, tepat 50 tahun kemudian seorang kapten kapal melaporkan dia nyaris bertabrakan dengan sebuah kapal layar bertiang tiga dengan bentuk seperti kapal Lady Bovibond. Dia melaporkan suara orang2 yang sedang berpesta sebelum kapal layar tadi menabrak tempat baru karang. Regu penolong dikirimkan ketempat kejadian, tetapi tidak ditemukan tanda2 kapal atau penumpang sama sekali.


50 tahun kemudian terjadi hal yang sama. lagi2 tidak ditemukan tanda2 kapal atau manusia.


Kejadian yang sama terulang tepat 50 tahun kemudian. Terakhir pada tahun 1948 Kapten Bull Preswick melihat kapal layar yang sama. Kali ini dia melihat kapal layar ini memancarrkan warna biru. 



MISTERI KAPAL MARY CELESTE

Pada tahun 1872 kapal layar Dei Gratia menemukan sebuah kapal terapung apung dilaut di tengah Samudera Atlantik sekitar 400 mil dari Pulau Azores. Kapal yang ditemukan dalam keadaan baik dan tiidak ada tanda2 kerusakan. Hanya anehnya kapal ini dalam keadaan kosong. Tidak ditemukan seorangpun dikapal ini. Tidak ada tanda ada kekerasan atau kecelakaan sama sekali yang kelihatan. Yang lebih aneh adalah piring yyang berisi makanan Kapten masih utuh diatas meja. Kargo yang dibawanya masih utuh.

Kapal Mry Celesta yang dibuat di Noova Scotia berlayar dari pelabuhan New York dengan pelabuhan tujuan Genoa, Italia. Kapal ini meninggalkan pelabuhan tanggal 7 November 1872. Di buku kapal (log book) terakhir diisi pada tanggal 25 November. Ketika ditemukan satu2nya yang hilang adalah sebuah sekoci. Perbekalan makan dan minuman untuk persedian selama enam bulan masih utuh. 

Berhubung tidak ada bukti2 yang nyata berbagai macam teori tentang apa yang kemungkinan terjadi timbul sejak kejadian itu. Salah satu teori adalah kemungkinannya ada pemberontakan diatas kapal. Tetapi berdasarkan peneyelidikan tidak ada bukti2 yang kuat untuk mendukung teori ini. Teori monster laut juga sulit dibuktikan. Mungkin misteri mengenai kapal Mary Celeste tidak akan pernah terpecahka. Apalagi kejadiannya sudah hampir 150 tahun yang lewat.



OURANG MEDAN


Pada tahun 1947 di Selat Melaka dua kapal berbendera Amerika menerima sinyal minta pertolongan dari kapal Ourang Medan. Kontak radio yang diterima mengatakan bahwa dia adalah seorang anak buah dari kapal tersebut. Meelalui kontak radio dia mengatakan setiap orang dikapal sudah mati dan dia satu2nya yang masih hidup. Kata terakhir yang diucapkannya ialah "saya mati".


Ketika kapal itu dinaiki oleh tim penolong, tidak ada tanda2 kehidupan sama sekali diatas kapal. Seluruh anak buah kapal ditemukan dalam keadaan mati. Dari wajah muka mereka tergambar rasa ketakutan yang luar biasa. Mayat dari pengirim sinyal terakhir masih dikamar radio dengan jarinya masig dimeja radio.


Ketika kapal sedang ditarik oleh kapal penolong kapal Ourang Medan meledak dan kemudian tenggelam dengan cepat. 



Publisher: sam fadlil - April 29, 2017

Friday, April 28, 2017

MENGAPA SAYA SUKA BERLAYAR SENDIRIAN

Umumnya orang menganggap lautan sebagai tempat yang berbahaya yang sebaiknya dihindari sedapat mungkin. Bahkan sebagian masyarakat memiliki kepercayaan kuat bahwa lautan adalah tempat2 diamana selain dihuni oleh binatang2 raksasa (sea monsters), lautan juga adalah tempat yang dihuni oleh mereka yang dari alam lainn yang sebaiknya dijauhi.

Ada berapa alasan kenapa sebagian dari pemikiran ini bisa diterima. Tetapi ada kelompok orang2 yang mempunyai pandangan lain tentang lautan. Mereka ini memandang lautan ini sebagai tempat dimana manusia hampir tidak ada pengaruhnya. Tempat yang memiliki keindahan alam yang tidak banyak disadari atau diketahui oleh banyak orang. Keindahan itu, bagi sebagian manusia, jauh lebih dinikmati seorang diri. Saya menganggap bahwa saya termasuk salah satu dari orang2 seperti ini.


Berlayar seorang diri bagi saya memberikan kepuasan dimana saya merasakan kebebasan yang hampir total. Ini adalah tempat dimana hukum alam dan hukum Tuhan yang berlaku. Manusia hanya diberikan izin untuk melewatinya. Aturan yang tidak tertulis harus dipenenuhi. Pelanggaran tidak akan ditoleransi sama sekali. Kesalahan kecil bisa berakibat fatal. 


Seperti kita ketahui dan kita alami sehari hari, hidup di daratan bersama manusia2 lainnya adalah kehidupan yang penuh dengan aturan yang sebagian besar adalah dibuat oleh sesama manusia dengan bermacam alasan. Tebalnya buku buku yang berisi undang undang dan peraturan2 jika dikumpulkan semua dari setiap negara mungkin tingginya jauh melewati Gunung Everest di Himalaya. 


Ditambah lagi dengan hukum adat, hukum agama, adat istiadat, peraturan daerah, peraturan deda, Keppres, Perpres, belum lagi dengan perintah atau kemauan mertua atau istri yang galak. Hidup didaratan membuat manusia hampir tidak ada kendali sekali atas hidupnya. Alat komunikasi yang seharusnya mebuat hidup di zaman modern lebih memudahkan, justru ini menambah kotrol manusia atas hidupnya semakin terbatas (saya hampir tidak pernah menghidupkan radio selama diatas perahu).


Bagi orang seperti saya yang sudah merasakan berdiri dibelakang kemudi diatas sebuah perahu layar ribuan mil ditengah samudera luas jauh dari siapa2 dan atau jangkauan hukum manusia. Hanya suara ombak dan angin yang  terdengar yang menemani merupakan suatu anugerah Tuhan yang saya merasa sangat berterima kasih atas kenikmatan yang saya dapatkan.


Malam hari. Banyak orang menyangka malam hari sendirian di lautan luas pasti menakutkan. Gelap gulita sekeliling, hanya terdengar deru angin dan deburan ombak sementara yang kelihatan hanya bintang2 dilaut. Dilaut tidak ada polusi sama sekali, langit dipenuhi oleh bintang2. Tiduran diatas dek perahu menetap keangkasa dimana bilyunan bintang2 tersebar dilangit adalah pengalaman yang sulit dituliskan. 

Apalagi saya menyadari bahwa bintang2 yang cahayanya yang sedang saya lihat mungkin sudah tidak ada lagi. Mengingat sebagian yang kita saksikan sekarang, berhubung jarak dari bintang2 itu mungkin membutuhkan  ribuan tahun cahaya untuk mencapai planet kita. Cukup membuat saya mersa seperti tidak ada artinya di tengah alam semesta yang tidak ada batasnya. Disitu kita tambah merasakan kebesaran Maha Pencipta.




Publisher: sam fadlil - April 28, 2017
,

BENCANA DI LAUT YANG TERBURUK

Ketika kapal Titanic tenggelam di perairan Utara Atlantic, berita tentang tenggelamnya kapal itu dengan cepat tersebar ke seluruh dunia. Sampai sekarang, terutama dengan adanya film2 yang ada hubungannya dengan bencana tersebut, banyak masyarakat umum menganggap bencana yang menimpa Titanic adalah bencana yang terdahsyat yang pernah terjadi di laut. Kenyataannya banyak bencana di laut dimana korban jiwa jauh melewati apa yang terjadi dengan Titanic. Ada beberapa faktor mengapa Titanic selalu mendapat perhatian. Tapi itu akan kita bahas di artikel yang lain.

Bencana di laut selalu dibagi dalam dua bagian. Yaitu bencana yang terjadi ketika masa perang (yang biasanya melibatkan pertempuran di laut atau kecelakaan) dan bencana yang terjadi ketika masa damai. Yang akansaya tulis ini adalah bencana yang paling banyak memakan korban jiwa yang pernah terjadi.


TENGELAMNYA KAPAL M.V. WILHELM GUSTLOFF

Bundesarchiv Bild 183-H27992, Lazarettschiff "Wilhelm Gustloff" in Danzig.jpg

Kejadian tenggelamnya kapal ini tidak banyak mendapatkan berita walaupun korban yang meninggal dunia adalah yang terbesar sepanjang sejarah. Salah satu sebabya adalah karena kapal ini adalah kapal milik Jerman yang ditenggelamkan ketika Perang Dunia. Seprti biasanya pihak yang kalah tidak banyak mendapatkan berita atau simpati.


Menjelang akhir Perang Dunia ketika pihak Jerman terdesak oleh pihak Russia mereka mulai mengungsikan warga negara Jerman, personil tentara dari wilayah2 yang mereka kuasai. Sebagian diungsikan dari jalan darat tetapi banyak juga yang diungsikan dengan menggunakan kapal2. Kapal ini yang sebelumnya adalah kapal penumpang yang kemudian dirubah menjadi kapal transport militer dan kapal rumah sakit.


Ketika Perang Dunia dimana banyak dibutuhkan alat2 transportasi secara cepat, banyak kapal2 penumpang diambil alih oleh pihak militer oleh kedua belah pihak. Mereka umumnya digunakan untu mengangkut personil militer dengan jumlah besar. oleh karena itu mereka merupakan sasaran utama bagi kapal selam musuh.  


Kapal yang berangkat dari pelabuhan Danzig atau Gdynia (sekarang termasuk wilayah Polandia). Kapal ini dibayangi oleh kapal selam milik Rusia sebelum akhirnya ditenggelamkan dengan menggunakan tiga torpedo. 

Shadowgraph S-56 submarine.svg




Jenis kapal selam Rusia (S-13) yang menenggelamkan Wilhelm Gustloff




Jumlah korban jiwa dari tengggelamnya kapal ini aadala sekitar 9450 jiwa (5000 diantaranya adalah anak2). Ini jauh melebihi korban jiwa ketika kapal Titanic tenggelam setelah menabrak gunung es di perairan Atlantik Utara. Korban jiwa dari tenggelamnya kapal Titanic adalah sekitar 950 orang.


Publisher: sam fadlil - April 28, 2017

SAMPAN KOLEK, BATAM, KEPULAUAN RIAU








Dari ratusan perahu tradisional yang ada di kepulauan Nusantara boleh dikatakan hampir semuanya digunakan untuk alat transportasi atau sebagai perahu nelayan (sandeq sebenarnya perahu nelayan yang dilombakan). Mungkin salah satu perahu yang khusus dibuat untuk perlombaan ialah apa yang dikenal sebagai KOLEK. 

Perahu atau yang dikenal sebagai penduduk setempat sampan kolek khusus dilombakan pada waktu2 tertentu. Biasanya sekitar Hari Kemerdekaan. Sampan kolek hanya dapat ditemukan di pulau pulau sekitar pulau Batam dan Tanjung Balai Karimun. Dulunya sampan kolek ini dapat ditemukan di Singapura atau sekitar Johor. Ini adalah bagian dari budaya masyarakat Melayu yang masih dipertahankan oleh masyarakat Melayu yang tinggal di pulau2 (umumnya profesi mereka adalah nelayan).





Dengan badan yang ramping dan layar yang berwarna warni, dilayari  oleh hanya yang sangat berpengalaman (berhubung bentuknya, sampan kolek ini sangat sulit dilayari). Untuk menjaga stabilitas kolek ini hampir seluruh awak perahu, kecuali juru mudi, bertugas untuk menjaga supaya kolek ini dapat berlayar secara optimal dan  ... tidak terbalik/karam. Untuk ini mereka menggunakan trapeze yang pada dasarnya seperti sling yang diduduki. Tempat duduk ini yang biasa dibuat dari ban bekas dihubungkan dengan tali di tiang perahu. Kesalahan sedikit saja dapat mnyebabkan kolek kehilangan stabilitas.


 


Kolek dibagi atas beberapa kategori tergantung besar dan jumlah awak yang melayari kolek tersebut. Ada 5 kategori yaitu kolek 12 orang, 9 orang, 7 orang, 5 0rang dan yang terakhir kolek untuk 3 orang. Lomba diikuti nelayan2 dari  banyak pulau dengan penuh semangat. Kemenangan di pelombaan kolek ini membawakan kebanggaan tersendiri bagi mereka. Hadiah selalu dalam bentuk uang dan piala. Semakinn besar piala semakin bangga mereka.  





Publisher: sam fadlil - April 28, 2017

Thursday, April 27, 2017

PERAHU KORA KORA, BANDA NAIRA



KORA KORA  atau di Banda oleh penduduk lokal disebut dengan nama BELANG adalah perahu yang dulunya digunakan untuk berperang atau untuk membawa raja2.  Perahu berbentuk panjang dan langsing ini mungkin salah satu perahu yang paling elegan di dunia. Walaupun perahu ini tidak lagi digunakan untuk berperang selama ratusan tahun masyarakat Banda berhasil menjaga warisan budaya yang telah berusia ratusan tahun.

Kepulauan Banda dulunya menjadi rebutan antara Kerajaan Belanda dan Inggeris. Salah satu pulau di Banda yaitu pulau Run ditukar oleh pihak Inggeris dengan pulau Manhattan (dulu namanya Niew Amsterdam) yang sekarang menjadi pusat kota New York. Banda adalah penghasil pala yang dulunya merupakan komoditi yang sangat berharga. Sebagai akibatnya masyarakat mengalami penderitaan yang luar biasa akibat penjajahan kolonialis Belanda. Berhubung lokasinya yang terpencil, Banda juga digunakan oleh Belanda sebagai tempat pembuangan pemimpin pemimpin Indonesia yang memperjuangkan kemerdekaan Indonesia seperti M. Hatta, Sutan Syahrir dan lain lain.

Ada 7 pulau yang berpenghuni di kepulauan Banda dan terdiri dari 10 kampung (negeri). Setiap kampung ini memiliki sebuah BELANG nasional sebagai lambang dan kebanggaan mereka. Di 10 kampung ini ada lagi lagi yang namanya kampung adat yang memiliki BELANG adat. Setiap BELANG ini walaupun memiliki dasar bentuk perahu yang hampir sama, masing masin g memiliki karakteristik yang berbeda beda. Ini dapat dilihat dari warna dan pola cat yang berbeda dan juga dari bentuk ornamen yang ada di setiap BELANG tersebut.

Seperti BELANG dari kampung adat dari kampung Orlima yang dicat kuning dan menggunakan ornamen berbentuk kepala kuda.





Perlombaan perahu belang biasanya diadakan hanya sekali dalam setahun. Biasanya di akhir tahun. Perlombaan dibagi dua yaitu belang adat dan belang nasional. Sesuai dengan adat yang berlaku, mereka tidak boleh bercampur. jalur perlombaan yang panjangnya sekitar 5 kilometer menyusuri selat anata Banda Besar dan biasanya berakhir setelah Istana Mini (bangunan yang dibangun Belanda ini mirip dengan Gedung Merdeka). 

Perlombaan ini sangat meriah dengan dihadiri oleh ribuan penduduk Kepulauan Banda yang berjejer sepanjang pantai dan juga dilaut. Setiap belang ada 30 orang yang mendayung. Seorang pemuka belang yang berdiri ditengah dengan memegang bendera memberikan komando sementara dua orang yang disebut natu (pelantun kabata) memukul gong dan tambur (gendang). Disamping itu ada dua orang yang tugasnya membuang air yang masuk ke dalam belang. Satu orang duduk diburitan memegang kemudi belang.

........bersambung










Publisher: sam fadlil - April 27, 2017

GULF STREAM

Image result for gulf stream image



Di Samudera Atlantik, beberapa mil dari pantai timur (bisa puluhan sampai ratusan mil) Amerika Serikat dan Kanada ada fenomena alam yang dikenal dengan nama Gulf Stream. Dinamai Gulf Stream karena aliran laut yang menyerupai sungai di laut ini berawal  dari Teluk Mexico. Ini adalah arus laut yang menjadi salah satu sistem yang dikenal dengan “arus lautan”  atau ocean current.

Teluk Mexico yang relatif dangkal membuat arus laut ini menjadi panas. Fenomena alam membuat arus laut ini tetap relatif hangat walaupun sudah mengalir ribuan melewati bagian lautan Atlantik yang dingin. Ini menyebabkan perairan di Inggeris Utara tidak membeku ketika musim dingin. Arus ini memiliki kadar garam dan suhu yang berbeda dengan laut yang dilaluinya. Air dari arus laut ini tidak bercampur dengan air laut yang dilewati mungkin agak sulit diterima oleh akal bagi orang awam. Ini dapat dijelaskan secara ilmiah, hanya agak terlalu rumit untuk dibahas disini.

Dari teluk Mexico arus ini mengalir ke Utara melewati Selat Florida yang sempit sehingga kecepatan dan tenaga arus ini bertambah. Kecepatan disini bisa mencapai 10 knot perjam. Arus laut ini kemudian bergabung dengan arus lain yang dikenal dengan nama  arus Antilles yang datang dari Timur sehingga ukurannya menjadi tiga kali lebih  besar. Ribuan mil dari Teluk Mexico  disekitar New Foundland, Kanada arus ini bertemu dengan arus dingin yang dikenal sebagai arus Labrador. Ini menyebabkan perairan ini selalu berkabut dan dikenal dengan cuaca buruk. Perairan ini dinamai kuburan Atlantik berhubung banyaknya kapal2 yang tenggelam disini dan ribuan nyawa yang melayang disekitar sini. Kapal Titanic menabrak gunung es dengan kehilangan ribuan nyawa disekitar sini. Perairan ini dulunya sebagai perairan yang sangat kaya dengan ikan (terutama ikan cod). 

Dizaman dahulu ketika kapal2 masih menggunakan angin sebagai tenaga penggerak, kapal kapal layar yang datang dari Eropa menuju pelabuhan di pantai Utara Amerika Serikat selalu berlayar menuju Florida dan ketika mereka menemukan Gulf Stream ini, kapal2 ini berbelok ke Utara dengan memanfaatkan Gulf Stream untuk mendorong kapal2 ini. Begitu juga dengan kapal2 yang mengangkut harta karun dari Amerika Tengah dan Selatan menuju Eropa. Oleh karena itu banyak bajak laut atau kapal perang Inggeris yang menunggu mangsanya yang pada umumnya milik kerajaan Sepanyol disekitar sini. Mengingat banyaknya kapal2 kapal yang membawa harta karun tenggelam disini setelah dilanda badai Atlantik yang ganas, banyak pencari harta karun berhasil menemukan harta karun yang ikut tenggelam ketika kapal tersebut dilanda badai.

Gulf Stream ini dalam pergerakannya tidak berjalan lurus dan lebarnya terus mengalami perubahan. Sekarang ini, kecepatan arah, lebar dan informasi2 lainnya dapat dipantau melalui satelit. Perahu layar yang mengikuti perlombaan atau harus melewati perairan ini selalu mengawasi arus ini melewati satelit dalam usaha untuk memanfaatkan arus ini untuk memenangi perlombaan atau untuk menghindari masalah seperti terpaksa melawan arah arus laut ini yang dpat memperlambat kecepatan kapal mereka.

Dalam pelayaran dari New York ke Panama pada tahun 1992 penulis ketika mencoba melintasi Gulf Stream dengan perahu layar seorang diri, diterpa badai di lokasi ini. Badai datang dari Barat Laut (dikenal sebagai Northeaster) bertiup berlawanan dengan Gulfstream.  Ini adalah suatu kondisi yang sangat berbahaya dimana lautan menjadi tempat adu kekuatan antara dua fenomena alam. Ini yang dikenal dengan “laut bingung’ (confused seas).




Publisher: sam fadlil - April 27, 2017