Sunday, April 30, 2017

Filled Under: ,

TITANIC

Share
Sebenarnya banyak kapal kapal penumpang yang jauh lebih besar atau kapal penumpang yang teggelam dengan korban jiwa yang lebih banyak, tetapi dengan berbagai alasan kapal Titanic jauh lebih dikenal masyarakat dibandingkan kapal kapal lain yang pernah ada. Sampai sekarang perhatian masyarakat tentang kapal Titanic tidak hilang2 . Terutama dengan adanya film dan buku2 yang masih ditulis mengenai kapal ini.


Image result for Titanic images


Kapal yang dibuat di Belfast, Ireland pada tahun 1911 ini memiliki panjangsekitar 270 meter dan lebar 28 meter. Memiliki 9 deck dan memiliki kecepatan maksimum 24 knot/ 44 kilometer per jam.  Kapasitas penumpang 2435 penumpang dan membawa 892 awak kapal. Pada saat diluncurkan kapal ini adalah kapal penumpang terbesar di dunia. Arsitek yang merancang kapal ini ikut tenggelam dalam kecelkaan ini.

Dalam pelayaran perdana dari Southampton ke New York kapal ini menabrak gunung es pada subuh hari tanggal 15 April, 1912. Dari 2224 penumpang dan awak kapal lebih dari 1500 meninggal dunia. Membuat tenggelamnya kapal Titanic ini sebagai salah satu kecelakaan terbesar dilaut.

Selain membawa penumpang2 yang terdiri dari orang kaya dan selebritis pada waktu itu, kapal itu juga membawa ratusan orang miskin yang menjadi penumpang di kelas yang termurah (steerage class. Mereka adalah orang2 yang pindah ke Amerika menjadi imigran (peran yang di mainkan oleh Leonardo di Caprio didalam film).

Pada waktu iti Titanic dianggap sebagai kapal yang termodern yang selain memiliki fasilitas termewah, juga dilengkapi dengan sistem keamanan (safety) yang membuat perusahan yang memiliki Titanic (White Star) mengatakan bahwa Titanic adalah kapal yang tidak bisa tenggelam. Mungkin oleh sebab itu Titanic tidak dilengkapi dengan sekoci penyelamat yang cukup untuk seluruh penumpang dan awak kapal. Ini keputusan yang sangat fatal. 

Titanic hanya memiliki 20 sekoci yang hanya cukup untuk membawa penumpang sebanyak 1178 orang. Ini menyebabkan ketika kapal itu tenggelam banyak penumpang dan awak kapal akhirnya ikut tenggelam dengan kapal. Salah satu keputusan mengapa jumlah sekoci itu sangat terbatas dalah mereka menganggap sekoci ini tidak akan pernah digunakan. selain itu sekoci juga banyak memakan tempat.

Titanic menabrak gunung es pada jam 11.40 malam di Utara Atlantik (600 kilometer dari Newfoundland, Kanada). Tabrakan ini menyebabkan lambung kanan kapal robek dan lima dari ruangan yang kedap air bocor. Sekiranya hanya 4 yang bocor, kemungkinan Titanic bisa diselamatkan. Pada jam 2.20 kapal akhirnya tenggelam.

Bangkai kapal Titanic ditemukan pada tahun 1992 didasar laut pada kedalaman 3784 meter.



..........bersambung




Image result for titanic images





0 komentar:

Post a Comment