Sunday, May 14, 2017

Filled Under: ,

GELOMBANG RAKSASA (ROGUE WAVE)

Share
Image result for rogue wave images



Definisi sederhana gelombang raksasa "rogue wave" adalah gelombang yang ketinggiannya melebihi sekitar 15 meter (sebenarnya tidak ada forrmula yang definitif). Boleh dikatakan gelombang ini sangat sulit atau tidak bisa diprediksi. Gelombang ini sangat jarang ditemukan manusia. Tapi berdasarkan observasi yang menggunakan satelit, fenoma alam ini tidaklah sejarang seperti yang diduga semula. 

Saksi hidup sulit ditemukan berhubung kejadian ini terjadi dengan cepat dan orang yang kebetulan mengalaminya kemungkinan besar akan menjadi korban dari gelombang raksasa ini.  Beberapa kapal yang menghilang begitu saja tanda sempat mengirim tanda SOS (minta pertolongan) kemungkinan besar tenggelam dengan cepat yang disebabkan oleh gelombang ini.

Salah satu data yang ada dimana ukuran tepat dari tinggi gelombang ini dapat diukur dengan tepat yaitu ketika sebuah menara pengeboran minyak yang bernama DRAUPNER dilepas pantai Norwegia dihantam oleh gelombang ini. Data yang direkam dengan menggunakan sensor laser tercatat gelombang setinggi 25.6 meter. Sebelumnya data data yang ada hanya berdasarkan saksi mata atau data kerusakan yang ditimbulkan oleh gelombang ini.



Ada berapa teori tentang faktor faktor yang menyebabkan terjadinya gelombang ini. Teori teori ini banyak berdasarkan testing testing yang dilakukan pada tangki air yang besar. Sejauh ini belum ditemukan teori yang dapat diterima segala pihak. Ini membuktikan bahwa lautan masih banyak menyimpan rahasia.



Gelombang raksasa ini berbeda dengan TSUNAMI. Tsunami menimbulkan gelombang besar ketika energi gelombang tadi mendapat halangan seperti ketika sampai di pantai. 


Daftar dibawah ini adalah sebagian dari bukti2 adanya gelombang raksasa ini:


  • Ketika kapal penumpang Queen Mary yang pada waktu itu merupakan kapal penumpang terbesar di dunia berlayar menyeberangi Samudera Atlantik. Pada waktu itu Queen Mary sedang digunakan untuk membawa sekitar 16 ribu tentara Amerika yang dalam pelayaran ke Inggeris (Perang Dunia ke 2). Gelombang mencapai 30 meter nyaris menenggelamkan kapal ini.
  • Mercu suar Fastnet di Atlantik dilanda gelombang setinggi 48 meter. hampir ttidak mungkin kalau ada kapal yang bisa selamat dari gelombang setinggi ini.
  • Selain data data dari kapal yang selamat dari gelombang ini dimana data kerusakan kapal yang mencapai setinggi 30 meter dari permukaan laut, banyak juga kapalyang menghilang begitu saja.

0 komentar:

Post a Comment