Sunday, May 7, 2017

Filled Under: ,

KAPAL TANKER RAKSASA, ULCC -ULTRA LARGE CRUDE CARRIER

Share


Image result for largest ULCC images



Banyak orang menganggap bahwa kapal induk adalah kapal yang terbesar yang dibuat manusia. Kapal tanker atau super tanker yang biasa disebut VLCC adalah singkatan dari "very large crude carrier" atau ULCC (ultra large crude carrier) membuat kapal induk ini kelihatan kecil. Kapal jenis ini yang digunakan untuk mengangkut minyak mentah memiliki ukuran lebih dari 500.00 DWT (dead weight ton).  Umumnya mereka ini digunakan untuk membawa minyak mentah (crude oil) dari Timur Tengah ke Jepang dan Eropa.

Kapal terbesar yaitu KNOX NEVIS ukuran panjangnya 458 meter dengan lebar kapal hampir 70 meter. Bobot mati sekitar 550.000 ton. Kapal ini merupakan benda bergerak yang paling besar dibuat manusia. Kapal induk terbesar Amerika USS Gerald Ford panjangnya "hanya"  337 meter. 

Image result for ULCC images


ULCC memiliki kapasitas untuk membawa lebih dari 3 juta barrel minyak mentah. Berdasarkan harga minyak sekitar US$ 50/barrel, muatan yang mereka bawa memiliki nilai lebih dari 150 juta dollar.

Berhubung ukurannya, kapal ini ketika penuh dengan muatan minyak membutuhkan kedalaman laut lebih dari 30 meter untuk memungkinkan kapal dapat berlayar dengan aman. Ini sebabnya kapal yang berukuran seperti ini dalam pelayaran dari Timur Tengah ke Jepang tidak dapat melewati selat Melaka. Mereka terpaksa melewati Selat Lombok yang menambah jarak pelayaran. Sedangkan kapal yang menuju Eropa harus melewati Tanjung Harapan di ujung Benua Afrika. Terusan Panama hanya bisa menampung kapal sepanjang maksimum 230 meter  dengan kelebaran hanya  33 meter (Terusan Suez maksimun 280 meter). Selain itu kedalamnya juga terbatas. 

Ukuran kapal sebesar ini memerlukan pelabuhan khusus untuk menanganinya. Tidak banyak tempat tempat di dunia yang memiliki fasilitas ini. Bagi awak kapal ini menimbulkan masa'alah dimana mereka praktis harus tetap berada diatas kapal sepanjang masa kerja mereka. Tempat persinggahan mereka biasanya juga agak jauh dari tempat jeramaian. Kadang2 mereka harus memindahkan sebagian dari muatannya ke kapal yang lebih kecil. 


Image result for largest ULCC images

Walaupun ukuran kapal ini sangat luar biasa, kapal ini membutuhkan relatif sedikit awak kapal. Banyak alat2 yang digunakan adalah alat2 modern dan otomatis sehingga tidak membutuhkan banyak awak kapal. Sekiranya kapal induk membutuhkan sekitar 5000 orang, ULCC hanya membutuhkan tidak lebih dari 40 orang (ini relatif banyak). 

Biaya pembuatan ULCC ini bisa mencapai US$120 juta. Kapal2 yang sudah dianggap sudah tua biasanya digunakan sebagai kapal penampung minyak di pengeboran lepas pantai atau dijual sebagai besi tua. Usia kapal2 ini berkisar antara 10 sampai 20 tahun. Hampir semua supertankers ini dibuat di galangan kapal di Korea. KNOX NEVIS buat sementara akan tetap menjadi kapal yang terbesar yang pernah dibuat. ULCC yang dibuat setelah itu ukurannya (berhubung bebrapa faktor) lebih kecil. Bahkan kapal terbesar yang dibuat sekarang ini bukan lagi kapal tanker, tetapi kapal container. Ini akan di tulis di artikel berikut.



Kecepatan ULCC ini rata rata adalah sekitar 16.5 knot. Dengan ukuran sebesar ini dalam kondisi normal kapal ini membutuhkan jarak sekitar 5 mil untuk berhenti. KNOX NEVIS membutuhkan 2 mil untuk berputar. Yang jelas ULCC tidak dapat berhenti dengan tiba tiba. Selain itu kapal membutuhkan kecepatan untuk dapat mengontrolnya. Lebih cepat kapal berjalan lebih mudah mengontrolnya. Demikian juga sebaliknya.
  

3 komentar:

  1. http://pabrikasioilheater.blogspot.co.id/2017/05/fabrikasi-thermal-oil-heater-indonesia.html?m=1

    ReplyDelete
  2. bagus sekali artikelnya, menambah pengetahuan saya tentang dunia perkapalan

    ReplyDelete
  3. Menjual berbagai macam jenis Chemical untuk cooling tower chiller dan waste water treatment apakah Oli Industri defoamer dll untuk info lebih lanjut tentang produk ini bisa menghubungi saya di email tommy.transcal@gmail.com
    WA 081310849918
    Terima kasih

    ReplyDelete