Wednesday, May 3, 2017

Filled Under: ,

PELAUT TERHEBAT SEPANJANG SEJARAH

Share




Image result for ancient polynesian sailing craft images


Coba kita lihat peta Samudera Pasifik yang merupakan Samudera terluas di dunia. Pulau pulau kecil yang tersebar di Samudera ini jaraknya jauh dari satu pulau ke pulau lain. sebagian hanya puluhan mil, tetapi ada juga pulau pulau terpencil yang jaraknya ribuan mil  dari pulau terdekat. Bagaimana manusia bisa berada di pulau pulau  tersebut. Satu2nya cara untuk mencapai pulau pulau tersebut adalah melalui jalan laut. Tanpa memiliki keahlian dan pengalaman yang dibutuhkan, tidak mungkin manusia berani mempertaruhkan nyawanya untuk menyeberangi lautan luas dengan segala resikonya.
Selama beribu ribu tahun orang Polynesia melayari samudera Pasifik yang luas. Bagaimana mereka bisa menemukan pulau pulau yang terletak ratusan bahkan ribuan mil dari satu pulau ke pulau merupakan bukti keahlian mereka sebagai pelaut. Ilmu navigasi yang mereka kuasai jauh melewati pelaut2 dari belahan bumi lainnya. 

Pelaut dari benua Eropa tidak memiliki keahlian navigasi untuk melakukan pelayaran jarak jauh sehingga abad ke 15. Itupun karena mereka terpaksa, berhubung kota yang mereka gunakan sebagai temoat transit perdagangan mereka dengan Asia yaitu Istanbul (Constantinople) berhasil dikuasai Turki pada tahun 1453 sehingga memaksa mereka mencari cara lain untuk ke Asia. 

Satu2nya pilihan mereka ialah melewati jalan laut. Selain harus memiiliki kapal kapal yang layak digunakan untuk pelayaran itu, mereka juga memerlukan manusia yang memiliki keahlian navigasi untuk mebawa mereka ke tempat tujuan mereka dengan selamat.

Sementara itu pelaut2 Polynesia dengan hanya menggunakan dengan alat2 yang sangat sederhana mampu mengarungi lautan luas dengan ketepatan yang sangat luar biasa. Pengetahuan yang mereka miliki ini diteruskan dari generasi ke generasi berikutnya melewati tradisi lisan (kadang2 mereka menggunakan lagu2). Walaupun tradisi menggunakan cara2 tradisional ini hampir punah, ilmu navigasi yang sudah berusia ribuan tahun ini masih dipraktikkan disejumlah tempat seperti pulau Taumako do Kepulauan Salomon. 

Pengetahuan ilmu navigasi mereka banyak menmanfaatkan fenomena2 alam yang ada di sekeliling mereka seperti mengawasi selasa teliti arah angin, gelombang, awan, arus laut, cuaca dan tanda2 alam lainnya. Mereka  juga  menggunakan pergerakan burung2 sebagai bagian dari ilmu navigasi mereka. Disamping itu mereka juga menggunakan bintang2 untuk membantu mereka menemukan pulau2 tujuan mereka.

Ribuan tahun yang lalu nenek moyang kita berlayar dari indonesia ke Timur dan kemudian melanjutkan pelayaran mereka Pasifik dan menemukan Fiji, Kepulauan Marquesas, Hawaii sampai ke Pulau Paskah (Easter) dan Selandia Baru. Ketika pelaut pelaut Eropa pertama mengunjungi pulau2 di Pasifik mereka keheranan melihat pelaut2 setempat berlayar kemana mana tanpa menggunakan alat2 sama sekali.

Image result for pacific ocean maps

Captain James Cook adalah pelaut Inggeris terkenal yang sangat berpengalaman. Dia merupakan orang Eropa yang menjelajahi Pasifik. Dia dianggap oleh orang Eropa sebagai orang yang menemukan Australia dan Seelandia Baru (kedua tempat ini sebenarnya sudah didiami penduduk asli) Ketika dia berlayar di Pasifik dia menggunakan jasa seorang navigator yang bernama Tupaia dari salah pulau Ra’iatea, Polynesia untuk membantu dia menjelajahi pulau2 yang ada di Lautan Pasifik.  

......akan bersambung

0 komentar:

Post a Comment