Friday, April 28, 2017

Filled Under: ,

BENCANA DI LAUT YANG TERBURUK

Share
Ketika kapal Titanic tenggelam di perairan Utara Atlantic, berita tentang tenggelamnya kapal itu dengan cepat tersebar ke seluruh dunia. Sampai sekarang, terutama dengan adanya film2 yang ada hubungannya dengan bencana tersebut, banyak masyarakat umum menganggap bencana yang menimpa Titanic adalah bencana yang terdahsyat yang pernah terjadi di laut. Kenyataannya banyak bencana di laut dimana korban jiwa jauh melewati apa yang terjadi dengan Titanic. Ada beberapa faktor mengapa Titanic selalu mendapat perhatian. Tapi itu akan kita bahas di artikel yang lain.

Bencana di laut selalu dibagi dalam dua bagian. Yaitu bencana yang terjadi ketika masa perang (yang biasanya melibatkan pertempuran di laut atau kecelakaan) dan bencana yang terjadi ketika masa damai. Yang akansaya tulis ini adalah bencana yang paling banyak memakan korban jiwa yang pernah terjadi.


TENGELAMNYA KAPAL M.V. WILHELM GUSTLOFF

Bundesarchiv Bild 183-H27992, Lazarettschiff "Wilhelm Gustloff" in Danzig.jpg

Kejadian tenggelamnya kapal ini tidak banyak mendapatkan berita walaupun korban yang meninggal dunia adalah yang terbesar sepanjang sejarah. Salah satu sebabya adalah karena kapal ini adalah kapal milik Jerman yang ditenggelamkan ketika Perang Dunia. Seprti biasanya pihak yang kalah tidak banyak mendapatkan berita atau simpati.


Menjelang akhir Perang Dunia ketika pihak Jerman terdesak oleh pihak Russia mereka mulai mengungsikan warga negara Jerman, personil tentara dari wilayah2 yang mereka kuasai. Sebagian diungsikan dari jalan darat tetapi banyak juga yang diungsikan dengan menggunakan kapal2. Kapal ini yang sebelumnya adalah kapal penumpang yang kemudian dirubah menjadi kapal transport militer dan kapal rumah sakit.


Ketika Perang Dunia dimana banyak dibutuhkan alat2 transportasi secara cepat, banyak kapal2 penumpang diambil alih oleh pihak militer oleh kedua belah pihak. Mereka umumnya digunakan untu mengangkut personil militer dengan jumlah besar. oleh karena itu mereka merupakan sasaran utama bagi kapal selam musuh.  


Kapal yang berangkat dari pelabuhan Danzig atau Gdynia (sekarang termasuk wilayah Polandia). Kapal ini dibayangi oleh kapal selam milik Rusia sebelum akhirnya ditenggelamkan dengan menggunakan tiga torpedo. 

Shadowgraph S-56 submarine.svg




Jenis kapal selam Rusia (S-13) yang menenggelamkan Wilhelm Gustloff




Jumlah korban jiwa dari tengggelamnya kapal ini aadala sekitar 9450 jiwa (5000 diantaranya adalah anak2). Ini jauh melebihi korban jiwa ketika kapal Titanic tenggelam setelah menabrak gunung es di perairan Atlantik Utara. Korban jiwa dari tenggelamnya kapal Titanic adalah sekitar 950 orang.


0 komentar:

Post a Comment