Saturday, April 29, 2017

Filled Under: ,

KAPAL KAPAL HANTU

Share



Image result for Ghost ships image


Sebagian dari kita sering tertarik dengan cerita2 mengenai misteri, sensasi atau ....hantu, artikel ini akan mengulas sedikit mengenai beberapa kejadian yang dianggap sangat misterius yang terjadi dilaut dan mungkin melibatkan sedikit cerita tentang ..... hantu.


CERITA KAPAL LADY LOVIBOND


Ini adalah cerita kapal hantu yang muncul setiap 50 puluh tahun sekali. Pada tanggal 13 February 1748, sebuah kapal layar berna Lady Lovibond berlayar dari Inggeris menuju Oporto, Portugal. Kapten yang bernama Simon Peel baru saja menjalankan pernikahannya. Dalam pelayaran ini dia membawa istri barunya, Annetta dalam pelayaran bulan madu ini.


Anak buah kapal merayakan perkawinan yang dihadiri oleh seluruh awak kapal kecuali seorang anak buah kapal yang bernama John Rivers. Ternyata dia diam2 mencintai Annetta. Karena merasa sangat cemburu yang tidak tertahankan dia memutuskan untuk berbuat sesuatu. Dalam pelayaran ini mereka harus melewati wilayah perairan yang sangat berbahaya dimana banyak sekali kapal kapal mengalami kecelakaan dan kemudian teggelam dengan banyak korban jiwa. 


Ketika sedang melewati tempat ini John Rivers dengan paksa mengambil alih kemudi kapal dari juru mudi dan kemudian membunuhnya. Mayatnya dilempar kelaut. Kemudian dengan sengaja dia mengarahkan kapal layar ini ketempat yang sangat berbahaya sehingga kapal ini hancur dan tenggelam. Seluruh awak kapal termasuk Kapten dan istrinya.


Sejak kejadian itu, tepat 50 tahun kemudian seorang kapten kapal melaporkan dia nyaris bertabrakan dengan sebuah kapal layar bertiang tiga dengan bentuk seperti kapal Lady Bovibond. Dia melaporkan suara orang2 yang sedang berpesta sebelum kapal layar tadi menabrak tempat baru karang. Regu penolong dikirimkan ketempat kejadian, tetapi tidak ditemukan tanda2 kapal atau penumpang sama sekali.


50 tahun kemudian terjadi hal yang sama. lagi2 tidak ditemukan tanda2 kapal atau manusia.


Kejadian yang sama terulang tepat 50 tahun kemudian. Terakhir pada tahun 1948 Kapten Bull Preswick melihat kapal layar yang sama. Kali ini dia melihat kapal layar ini memancarrkan warna biru. 



MISTERI KAPAL MARY CELESTE

Pada tahun 1872 kapal layar Dei Gratia menemukan sebuah kapal terapung apung dilaut di tengah Samudera Atlantik sekitar 400 mil dari Pulau Azores. Kapal yang ditemukan dalam keadaan baik dan tiidak ada tanda2 kerusakan. Hanya anehnya kapal ini dalam keadaan kosong. Tidak ditemukan seorangpun dikapal ini. Tidak ada tanda ada kekerasan atau kecelakaan sama sekali yang kelihatan. Yang lebih aneh adalah piring yyang berisi makanan Kapten masih utuh diatas meja. Kargo yang dibawanya masih utuh.

Kapal Mry Celesta yang dibuat di Noova Scotia berlayar dari pelabuhan New York dengan pelabuhan tujuan Genoa, Italia. Kapal ini meninggalkan pelabuhan tanggal 7 November 1872. Di buku kapal (log book) terakhir diisi pada tanggal 25 November. Ketika ditemukan satu2nya yang hilang adalah sebuah sekoci. Perbekalan makan dan minuman untuk persedian selama enam bulan masih utuh. 

Berhubung tidak ada bukti2 yang nyata berbagai macam teori tentang apa yang kemungkinan terjadi timbul sejak kejadian itu. Salah satu teori adalah kemungkinannya ada pemberontakan diatas kapal. Tetapi berdasarkan peneyelidikan tidak ada bukti2 yang kuat untuk mendukung teori ini. Teori monster laut juga sulit dibuktikan. Mungkin misteri mengenai kapal Mary Celeste tidak akan pernah terpecahka. Apalagi kejadiannya sudah hampir 150 tahun yang lewat.



OURANG MEDAN


Pada tahun 1947 di Selat Melaka dua kapal berbendera Amerika menerima sinyal minta pertolongan dari kapal Ourang Medan. Kontak radio yang diterima mengatakan bahwa dia adalah seorang anak buah dari kapal tersebut. Meelalui kontak radio dia mengatakan setiap orang dikapal sudah mati dan dia satu2nya yang masih hidup. Kata terakhir yang diucapkannya ialah "saya mati".


Ketika kapal itu dinaiki oleh tim penolong, tidak ada tanda2 kehidupan sama sekali diatas kapal. Seluruh anak buah kapal ditemukan dalam keadaan mati. Dari wajah muka mereka tergambar rasa ketakutan yang luar biasa. Mayat dari pengirim sinyal terakhir masih dikamar radio dengan jarinya masig dimeja radio.


Ketika kapal sedang ditarik oleh kapal penolong kapal Ourang Medan meledak dan kemudian tenggelam dengan cepat. 



0 komentar:

Post a Comment