Tuesday, April 25, 2017

Filled Under:

NYI LORO KIDUL

Share
Bagi masyarakat Indonesia terutama dari masyarakat Jawa tidak ada cerita mengenai lautan yang lebih menarik dari sosok Nyi Loro Kidul. Sosok yang digambarkan sebagai penguasa Lautan yang istananya berada didasar laut di Selatan Jawa digambarkan sebagai Ratu cantik

Seperti tokoh mitos lainnya , banyak versi yang ditulis mengenai Nyi Loro Kidul. ini adalah salah satu versi yang pernah ditulis.

Menurut salah satu cerita di zaman duuluu ada seorang putri raja yang terkenal dengan kecantikannya yang bernama Dewi Srenenge. Bapaknya adalah seorang Raja bernama Munding Wangi.Sebenarnya dia menginginkan seorang anak laki laki yang nanti akan mewarisi tahta kerajaannya. Raja itu kemudian mengawini Dewi Mutiara yang kemudian melahirkan seorang anak laki laki.

Dewi Mutiara yang tidak suka dengannya memikirkan berbagai cara untuk menyingkirkan Dewi Srenenge supaya dia tidak bisa menjadi saingangan putra. Dia bahkan menganjurkan kepada suaminya, sang Raja, untuk mengusir putrinya dari kerajaan. Raja sangat murka mendengar saran istrinya sehingga Dewi Mutiara tidak berani lagi membicarakannya.

Dewi Mutiara kemudian menemui seorang tukang sihir. Setelah menjanjikan sesuatu yang tidak dapat ditolak, dia minta supaya sang putri diberikan penyakit dimana kulitnya dipenuhi dengan kudis2. Ini membuat Sang Raja merasa sedih. 

Sang Putri merasa sebaiknya dia meninggalkan istana supaya dia tidak memalukan bapaknya. Angirnya setelah berjalan kaki selama tujuh hari dan tujuh malam di tiba dipattai lautan Selatan. Ketika dia mencelupkan badannya ke lautan, seluruh kudisnya menghilang dan dia kembali menjadi cantik jelita seperti sedia kala.

Mungkin itu saja dia sekarang memiliki kesaktian sehingga dia diangkat menjai penguasa laut Selatan dimana sampai sekarang masih tinggal di istana di dasar laut Selatan.

0 komentar:

Post a Comment